Cara buat WPAP Simple Photoshop CS6

Siapa yang tidak tahu WPAP, jika anda belum tahu silahkan baca di sini Apa itu WPAP. Jika sudah dan tertarik untuk mempelajari WPAP, maka anda tidak salah sudah tersesat di sini. Tak perlu banyak basa-basi, langsung siapkan alat perang.


Oya, di sini saya anggap anda sudah tahu cara menggunakan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop, jika belum mahir, silahkan baca 21 Hari Belajar Adobe Illustrator dan 21 Hari Belajar Adobe Photoshop.

Hal pertama yang akan kita lakukan adalah mencari sumber foto yang ingin dijadikan WPAP. Googling atau menggunakan foto sendiri atau teman bisa jadi alternatif belajar anda. Pada tutorial kali ini saya menggunakan Ozil sebagai bahan. 


Gunakan foto dengan resolusi tinggi untuk memudahkan kita dalam membuat WPAP. 


Salah satu kunci sukses dalam pembuatan WPAP adalah foto dengan kadar cahaya atau contrast dan brightness yang cukup tinggi. Hal ini sangat membantu pada proses pemisahan warna-warna pada hasil akhir WPAP kita. 

Dan satu trik dari saya untuk itu adalah, 

menggunakan fitur Posterize pada Adobe Photoshop. 

Perhatikan pada gambar di bawah ini. 


Lalu pilih level 4. 


Ok, bahan kita sudah selesai untuk digunakan. Tentunya dengan fitur posterize pada photoshop membuat kita tidak perlu susah payah untuk membedakan lekuk wajah dan arah cahaya dari foto yang akan kita jadikan WPAP. 

Sekarang kita beralih ke aplikasi utama untuk membuat WPAP, yaitu Adobe Illustrator. tidak menutup kemungkinan bila anda membuatnya menggunakan CorelDraw, silahkan. 


Posisikan bahan foto pada layer pertama, sesuaikan ukuran pada lembar kerja, lalu kunci agar tidak terganggu oleh Artwork yang akan kita buat. 

Selanjutnya silahkan 

Buat shape menggunakan Pen Tool 

(jika anda belum pernah menggunakan pen tool silahkan baca tutorialnya di sini). Buatlah sesuai dengan bentuk yang telah muncul pada gambar yang telah diubah menjadi posterize tadi. 


Ingat, WPAP tidak memiliki Curve pada line, jadi jangan sesekali membuat lengkungan ya :D. Kemudian dari pada itu, berikan warna sesuai dengan warna dasar dulu, biasanya disebut Skintone. 

Gunakan Picker Tool pada toolbar Adobe Illustrator. 



Selesaikan hingga keseluruhan bagian wajah terselesaikan. 


Sampai di sini, diharapkan anda tidak mengalami kesulitan. Dan proses terakhir kita adalah mengubah warna Skintone menjadi warna-warni. Ini adalah hal tersulit. Kesalahan pemilihan warna akan berakibat kerusakan pada WPAP anda. 

0 Response to "Cara buat WPAP Simple Photoshop CS6"

Posting Komentar